Musyawarah Nasional PPSKI Tetapkan Nanang Purus Subendro Sebagai Ketua Umum

Musyawarah Nasional Perhimpunan Peternak Sapi Kerbau Indonesia ke-IX Tahun 2020 yang dilaksanakan melalui Aplikasi Zoom – Tanggal 12 Desember 2020 berjalan lancar dan sukses.

Dr. Ir. Rochadi Tawaf, MS selaku Ketua Panitia Pengarah menyampaikan bahwa, Musyawarah Nasional PPSKI ke-IX tersebut dihadiri oleh 128 orang yang terdiri dari : Pengurus Pleno DPP PPSKI, 20 DPD PPSKI dari 22 Anggota PPSKI se Indonesia, dan peternak sapi/kerbau, pelaku-pelaku usaha/Asosiasi Peternakan Sapi dan Kerbau Indonesia, Pemerintah/Pemangku Kebijakan Bidang Peternakan, Lembaga Penelitian/Perguruan Tinggi/Mahasiswa Peternakan, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Ketua Umum PPSKI Periode 2015 - 2020 Teguh Boediyana menyampaikan bahwa Tema Munas kali ini mengusung ; “Reposisi dan Reaktualisasi PPSKI dalam Meningkatkan Daya Saing Peternak Rakyat di Era Digital”, Sebagai organisasi profesi peternak sapi dan kerbau tertua di Indonesia, PPSKI mengambil keputusan penting akan mereposisi dan me- reaktualisasi organisasi baik secara Internal dan eksternal dalam pengembangan sapi dan kerbau di Indonesia.

Acara Musyawarah Nasional PPSKI kemarin yang dibuka oleh Ir. Sugiono Direktur Perbibitan dan Produksi Ditjend Peternakan dan Kesehatan Hewan juga mengadakan seminar dengan tema Perspektif Agribisnis 2021 yang disampaikan oleh Dr. Kodrat Wibowo Komisioner KPPU.

Adapun hasil yang diputuskan dalam Munas IX tersebut sebagai berikut :

  1. Penetapan ketua Umum PPSKI 2020 - 2025: Telah dipilih secara Aklamasi ketua umum DPP PPSKI adalah Drh. Nanang Purus Sumbendro, seorang peternak/Pengurus DPD PPSKI Prov Lampung.
  2. Menetapkan AD/ART PPSKI : anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga diterima dengan beberapa catatan kecil untuk diperbaiki, yaitu penambahan struktur organisasi ketua bidang advokasi/penyuluhan serta domisili organisasi.
  3. Menetapkan program kerja PPSKI 2020-2025 : Menetapkan Garis-besar program kerja dalam ruang lingkup kerja komoditi ternak : sapi perah, sapi daging, kerbau dan advokasi kepada peternak. Dalam program kerja ini, kegiatan kerja PPSKI akan disetarakan aktivitas masing-masing komoditi ternak.
  4. Resolusi Peternak sapi dan kerbau 2020 : resolusi peternak sapi dan kerbau merupakan sikap PPSKI yang merespons perkembangan teknologi dan zaman.

 

Sumber: www.barometer99.com