Paket Kebijakan Ekonomi Tahap IX Mematikan Usaha Peternak Lokal

Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi tahap IX pada Rabu, (27/1/16). Salah satu dari isi paket tersebut adalah memperluas wilayah impor sapi. Hal tersebut guna mengantisipasi melonjaknya permintaan daging sapi dari tahun ke tahun.

------------------------------------------------------

Tanggapan PPSKI melalui Ketua Umum Teguh Boedyana

Kebijakan tersebut akan mengakibatkan  kerugian yang sangat besar dari sisi sosial dan ekonomi yaitu :

  • Usaha para peternak sapi dalam negeri akan mati. Penyebabnya, harga sapi impor lebih murah dibandingkan harga sapi dalam negeri. Sehingga konsumen lebih tertarik mengkonsumsi sapi impor.
  • Kebijakan tersebut akan memicu berjangkitnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi ternak lokal. PPSKI pun menilai, pemerintah tidak menghargai proses hukum yang tengah digodok oleh Mahkamah Konstitusi. Pasalnya, kebijakan perluasan pengimpor daging sapi (zona atau country base) yang tertulis di UU 41/2014, masih dalam proses hukum.

Saat ini peredaran daging dan jeroan sapi ilegal asal India yang masuk pasar basah. Jika mengurus peredaran daging dalam negeri saja Pemerintah belum bisa, apalagi mengawasi jaminan kesehatan daging dari luar negeri. Karena itu, PPSKI berencana untuk kembali menyurati Presiden dan para Menteri teknis agar membatalkan kebijakan tersebut.

Sumber :