Pemerintah Akan Memasok Pasar Becek Dengan Daging Sapi Impor

Untuk menurunkan harga daging sapi, pemerintah telah mengambil beberapa kebijakan antara lain dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 37 Tahun 2016 Tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Hewan dan Produk Hewan. Dalam peraturan itu disebutkan bahwa salah satu komoditi yang bisa diimpor adalah sapi dalam keadaan hidup dan siap dipotong untuk dagingnya dijual ke pasar.

Kebijakan lain adalah mengimpor daging beku untuk  dijual di pasar tradisional. Kebijakan tersebut sontak menuai pro dan kontra dari perusahaan penggemukan sapi (feedloter) dan para peternak sapi. Walaupun mereka sepakat bahwa harga daging sapi mudah bergejolak karena ada ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan pasokan yang tersedia.

Johny Liano, Direktur Eksekutif Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) mendukung langkah pemerintah mendistribusikan daging sapi beku ke pasar becek. Dengan stok daging sapi yang banyak di pasar akan membuat pasokan tersedia mengikuti permintaan. Efeknya, akan menstabilkan harga yang dianggap terlalu tinggi saat ini.

Namun demikian para feedloter tak berminat untuk ikut memanfaatkan kebijakan tentang impor sapi hidup, karena hingga saat ini mereka  masih memiliki stok hingga 100.000 ekor. Ternak sapi itulah yang akan dipotong pada bulan puasa dan lebaran dan dagingnya dikirim ke pasar.

Sumber : kontan.co.id

----------------------------------------------------------------

 

Tanggapan PPSKI melalui Ketua Umum Teguh Boediyana

PPSKI selaku wakil dari peternak sapi memaklumi kondisi saat ini dimana pasokan dan permintaan daging memang tidak seimbang, sehingga harga daging terus menanjak. Menurut informasi Kementerian Perdagangan, harga daging sapi pada 3 Juni 2016 masih Rp114.450 per kilogram (kg) di Jakarta dan Rp114.050 per kg secara nasional.

Namun PPSKI mempertanyakan kebijakan pemerintah untuk mengimpor daging sapi dan menjualnya di pasar becek, Jika nantinya pasar banjir oleh daging sapi impor, sudah pasti berdampak pada peternak sapi.