Jika Aturan Produk Impor Dengan Skema 5:1 Tidak Dirubah, Indonesia Akan Kekurangan Daging Sapi

Skema produk impor 5:1 adalah kebijakan pemerintah yang mewajibkan importir harus mendatangkan satu sapi indukan setiap mengimpor lima ekor sapi bakalan. Penerapannya dilakukan pada bulan Desember 2018.

Kementerian Pertanian pun sudah menyiapkan sanksi berdasarkan kepatuhan dari feedloter. Namun sanksi ini lebih kepada pembatasan jumlah rekomendasi produk impor tiap feedloter, dan bukan mencabut izin impor.

Pada Januari 2019, hasil evaluasi telah mendapatkan data tentang perusahaan mana saja yang tidak patuh pada skema 5:1 ini. Menurut sekretaris Jenderal Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Rochadi Tawaf menyebutkan, hanya 13 % sampai 14% perusahaan penggemukan sapi (feedloter) yang patuh pada kebijakan skema produk impor 5:1.

Sejak diberlakukan, para feedloter mulai mengurangi produk impor sapi. Penurunan impor sapi bakalan ini bahkan mencapai separuh dari biasanya, penyebabnya adalah mayoritas feedloter tidak dapa memenuhi skema tersebut diatas. Jika aturan tidak dirubah, maka semua feedloter akan mati dan Indonesia akan kembali kekurangan stok daging sapi.

Sumber: kontan.co.id