Permasalahan Umum

Daging wagyu adalah jenis daging sapi yang memiliki marbling (guratan lemak) yang sangat banyak. Daging tersebut dihasilkan  dari sapi-sapi asal jepang yang dikembangbiakkan secara khusus, agar lebih banyak menghasilkan sel lemak intramuskuler. Lemak tersebut akan membuat daging memiliki cita rasa lezat, tekstur yang lembut serta warna daging yang menggugah selera yaitu merah muda.

Pemerintah Jepang memiliki peraturan secara ketat dalam distribusi daging wagyu, yang dibagi berdasarkan kualitasnya. Yang boleh diperdagangkan hanya daging Wagyu jenis tertentu yaitu jenis A3-A5.

Peraturan ini pada akhirnya juga mempengaruhi  harga daging wagyu A5, jenis daging yang paling dicari di seluruh dunia. Harga daging wagyu A5 memang luat biasa, yaitu mulai dari 500 sampai dengan 1.000 dollar AS atau setara dengan Rp 7 juta - Rp 14 juta.

Selengkapnya...

Kerbau harus dipertahankan, karena sangat disukai oleh masyarakat dibandingkan dengan sapi, namun populasi kerbau rawa di Aceh Barat Daya (Abdya) sudah berkurang sampai 50% jika dibandingkan dengan 20 tahun lalu. Dulu masyarakat petani yang bermukim di wilayah pantai Barat-Selatan Provinsi Aceh hampir rata-rata memelihara ternak kerbau.

Selengkapnya...

Artikel Selanjutnya...