Pipa Rokok Tanduk Kerbau Super Panjang Rp115.000*

Pipa rokok tanduk kerbau asli, panjang lebih kurang 15-19 centimeter. Dibuat secara manual tanpa alat, sangat cocok buat anda para pecinta kerajinan tanduk kerbau.

Untuk menghindari penipuan, silahkan order via Bukalapak, klik DISINI

-----------------------

Perokok di Bangkalan lagi tren gunakan pipa rokok (antho’). Berbagai bentuk dan ukuran pipa pun muncul. Dari yang sederhana hingga yang berbentuk keris. Rata-rata mereka mengkoleksi lebih dari satu buah pipa, sehingga bisa leluasa gonta-ganti mana yang disuka. 

Jenisnya pun beragam, ada yang terbuat dari kayu gaharu kalimantan, tulang istimewa, batang kayu atau akar pilihan. Serta tulang sapi, taring babi, batu giok dan tanduk kerbau.

Fenomena pipa rokok melanda semua kalangan, mulai dari kalangan pemuda sampai orang tua. Mereka sering berkumpul, tidak hanya sekedar silaturahmi antar anggota secara informal, tapi juga membentuk satu kelompok yang diberi nama Komunitas Pipa Rokok Nusantara (Kopirosa). Menurut Ariek Moein, nahkoda Kopirosa Bangkalan, merokok menggunakan pipa terasa beda, karena:

  1. Menyaring tembakau agar lebih Ringan dihisap.
  2. Mengurangi racun (nikotin).
  3. Meningkatkan gengsi, karena nilainya bisa sangat tinggi
  4. Rokok yang dihisap menggunakan pipa tetap kering, sehingga tidak membuat perokok batuk-batu.
  5. Mengurangi panas api rokok di bibir si perokok, sehingga bibir tidak semakin hitam.
  6. Terapi untuk mengempeskan pipi si perokok. Karena dengan menggunakan pipa, dapat melatih otot wajah hingga pipi akan semakin langsing.

 

Poin ke 3 memang benar adanya, tergantung dari bahan apa pipa rokok tersebut dibuat. Untuk yang berbahan kayu, pipa rokok yang paling disuka menggunakan kayu secang, akar galih asem, kayu mawar, kayu nogosari.

Sedangkan pipa rokok paling berkelas disebut sebagai Mr. G, yaitu menggunakan bahan dari gigi seri hewan gajah. Harga pipa rokok Mr. G antara Rp10 juta hingga Rp25 juta, tergantung pada ketebalan dan panjangnya.

Tak sekedar kumpul-kumpul, Kopir0sa ternyata memiliki  sejumlah agenda dan program kerja bagi masyarakat. Salah satunya adalah memperjuangkan nasib para pengrajin dan penjual pipa rokok, kepada Dinas Koperasi dan UMKM Bangkalan, agar bisa meningkatkan pendapatannya.