Rambak Kulit Kerbau Mentah Rp175.000* Per Kilogram

Selain menyediakan dalam olahan matang, kami juga menyediakan rambak kulit kerbau Cipta Rasa dalam bentuk mentah (belum dikasih bumbu). Irisan dibuat kotak kecil-kecil (seperti pada gambar). Harga per 1 Kg = 170.000, pembelian 10kg keatas bisa menggunakan pilihan jne Truk

Order, klik DISINI

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

---------------------

Kerupuk kulit atau biasa disebut kerupuk rambak adalah pendamping makan yang terbuat dari limbah kulit. Selain dijadikan makanan, kulit umumnya dijadikan sebagai bagian atas gendang.

Kulit yang digunakan untuk membuat rambak adalah kulit sapi dan kerbau. Perbedaaannya akan terlihat ketika sudah digoreng. Rambak kulit kerbau memiliki warna cenderung kuning gading, sedangkan yang terbuat dari kulit sapi berwarna putih.

Dari segi cita rasa, rambak kulit kerbau lebih gurih dibandingkan sapi. Sedangkan masalah ketersediaan, rambak kulit kerbau stoknya tidak sebanyak rambak kulit sapi.

Bagaimana cara membuat rambak? 

Yang jelas butuh waktu yang tidak singkat dan tentunya ketelatenan. Dimulai dari kulit perendaman kulit kerbau dalam air, lalu bulu–bulu kerbau dihilangkan, kemudian diiris tipis dahulu. Setelah itu diberi bumbu dan dijemur. Proses terakhir adalah penggorengan.

Rambak kulit populer di Jawa Tengah di kawasan Kabupaten Sukoharjo dan Jawa Timur seperti Tulungagung. Jika ingin membeli rambak sebaiknya di pusat oleh-oleh yang resmi.

Karena terkadang ada pembuat rambak yang nakal, menggunakan kulit imitasi untuk membuat rambak yang tentunya membahayakan kesehatan.