Daun Karet Kebo Obat Stroke, Rp400 Per Helai

Karet Kebo adalah sebutan bahasa jawa untuk tanaman asal India yang memiliki nama ilmiah Ficus elastica. Sebutan lainnya adalah pohon Bulu, sedangkan dalam bahasa Inggris namanya adalah “Rubber Plants”.

Daunnya berukuran besar lebar, masyarakat mengidentikkan dengan kerbau atau kebo dalam bahasa jawa, oleh sebab itu disebut sebagai Karet Kebo. Tampilan daunnya cantik, berwarna merah hati saat muda dan berwarna hijau tua saat daunnya dewasa, sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias.

Sejak jaman dahulu, daun dari tanaman ini banyak digunakan untuk obat tradisional, bukan saja ditempat asalnya di India, tapi juga di  Eropa, China dan Indonesia. Kandungan yang terdapat didalam daun karet kebo dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain:

 

1. PENYAKIT STROKE

Jika dikonsumsi, daun Karet Kebo mempunyai rasa yang pedas dan berkhasiat berkat kandungan  zat-zat bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, flavonoid, dan polifenol. Jika dikonsumsi secara rutin, diyakini bisa (membantu) menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya adalah stroke.

Demikian yang dikatakan oleh Suliatini, saat menampillan produk olahan Daun Karet Kebo pada lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Jawa Timur beberapa waktu yang lalu. Suliatini bersama dengan rekan-rekannya mencoba untuk mengolah daun karet kebo menjadi minuman kesehatan.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mencincang kecil-kecil daun karet kebo kemudian menjemurnya. Setelah itu direbus dengan tiga gelas air menggunakan panci tanah liat, hingga tersisa 1,5 gelas. Nantinya air rebusan daun karet kebo inilah yang diminum secara rutin untuk pengobatan stroke.

 

2. OBAT BISUL

Daun karet kebo ini bisa digunakan sebagai obat luar, yaitu untuk menyembuhkan bisul. Kandungan yang terdapat didalamnya dapat membantu menyembuhkan bisul.

Pada sebuah tulisan yang berjudul “Menguak Kedahsyatan Karet Kebo Menggilas Bisul dan Maag. Seperti Apa?”, disebutkan bahwa didalam akar dan kulit kayu pohon karet kebo terdapat berbagai zat yang menimbulkan efek farmakologis, seperti melancarkan peredaran darah dan menghilangkan rasa sakit.

Cara menggunakan akar karet kebo untuk mengobati bisul adalah sebagai berikut: siapkan akar karet kebo secukupnya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu akar tersebut digiling sampai halus. Tambahkan sedikit air, kemudian  aduk sampai bentuknya menjadi seperti bubur, lalu bubuhkan pada area yang sakit.

 

3. OBAT MAAG & REMATIK SENDI

Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama-tama cuci bersih 35 gram akar karet kebo, kemudian rebuslah dengan 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari (masing-masing 1 gelas), hingga gejala Maag dan rematik sendi hilang.

 

5. SEBAGAI ANTI INFLAMASI

Kandungan zat anti inflamasi alami pada daun Karet Kebo dapat mengatasi masalah pembengkakan di bagian tubuh, serta mempercepat pemulihan radang kulit. Cara penggunannya hanya dengan mengoleskan daun Karet Kebo yang telah dihancurkan sebelumnya, pada bagian tubuh yang mengalami sakit. Lakukan hal ini sampai kondisi pulih seperti sedia kala.

 

6. MENYEHATKAN LAMBUNG

Daun Karet Kebo dapat membuat alat pencernaan bekerja dengan lancar dan optimal. Namun sebaiknya berkosultasi kepada dokter terlebih dahulu saat ingin memanfaatkannya. Karena hingga saat ini belum ada studi ilmiah yang berhasil membuktikannya. 

 

7. MENGOBATI GATAL PADA KULIT

Untuk menggunakannya, tumbuklah daun karet kebo hingga halus, setelah itu oleskan pada kulit yang mengalami masalah gatal. Efeknya tidak hanya menghilangkan gatal, tetapi juga mengempeskan serta memudarkan warna kemerahan akibat bengkak. 

 

8. MENGHILANGKAN RASA NYERI

Kandungan zat analgetik pada daun karet kebo, adalah bahan alami untuk membantu meringankan atau menghilangkan rasa nyeri yang terjadi karena luka ataupun peradangan. Cara memanfaatkannya dengan membalurkan atau mengoles tumbukan daun Karet Kebo pada permukaan yang terasa nyeri.

Sedangkan untuk menghilangkan nyeri pada gigi, cobalah berkumur dengan air rebusan daun karet kebo. Atau meminumnya untuk menghilangkan rasa nyeri akibat rematik dan nyeri saat haid.

 

9. MENCEGAH HIPERTENSI

Meminum rebusan daun Karet Kebo juga dapat menstabilkan tekanan darah dan mengatasi gejala hipertensi seperti pusing. Agar aman, konsultasikan hal ini ketika berkunjung ke dokter.

 

10. MELANCARKAN ALIRAN DARAH

Meminum air rebusan daun Karet Kebo dapat mencegah terjadinya penumpukan plak (lemak dan kolesterol) di dalam pembuluh, hal ini berguna agar aliran darah bisa lancar. Lancarnya aliran darah di dalam tubuh juga sangat penting untuk menghindari penyakit jantung.

 

11. MENGATASI KEPUTIHAN

Daun Karet Kebo, dipercaya mampu mengurangi keputihan yang berlebihan, agar kesehatan daerah kewanitaan tetap terjaga.

 

12. MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN

Pada sebuah tulisan yang berjudul “Information About Rubber Plants & Cleaning the Air”, memaparkan tentang manfaat tanaman karet kebo. Diantaranya dapat memperbaiki kualitas udara menjadi lebih baik.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NASA, daun Karet Kebo dapat menyerap karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen yang menyehatkan untuk bernapas. Selain itu juga menghilangkan bakteri dan spora jamur di udara. Bahkan mampu mengurangi jamur dan bakteri yang ada di ruangan hingga 60 persen.

Pada tulisan berjudul “The Best Air-Purifying Plants for Your Home”, menyebutkan tentang cara perawatan tanaman Karet Kebo sebagai tanaman hias yang diletakkan didalam rumah atau ruangan. Tanaman ini sangat mudah dirawat, hanya perlu memberikan air secukupnya supaya media tanamnya tetap lembab.

Selain itu, tanaman ini mampu hidup walaupun kurang mendapatkan sinar matahari. Agar selalu tampil cantik, pangkaslah daun-daunnya yang sudah tua dan bersihkan permukaannya agar selalu berkilat.

 

13. MENINGKATKAN KUALITAS UDARA

Pada sebuah tulisan berjudul “Go Green: Health Benefits Of Houseplants”, menyebutkan bahwa sebuah studi telah menemukan manfaat memiliki tanaman di rumah seperti pohon karet keb, akan memberikan manfaat kesehatan mental dan fisik, karena kualitas udara yang meningkat.

Menurut NASA, tanaman ini mampu menghilangkan racun di udara dan membersihkan hingga 87 persen senyawa organik volatil (VOC) di udara. Tanaman Karet Kebo terbukti paling efektif menghilangkan berbagai jenis toksin yang dikeluarkan oleh benda-benda yang ada didalam ruangan.

 

14. MERINGANKAN GEJALA ALERGI DAN ASMA

Manfaat lainnya dari menaruh tanaman ini di rumah, yaitu membantu untuk mengatasi gejala asma dan alergi akibat kualitas udara yang buruk.

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia, menemukan bahwa tanaman hias (seperti tanaman Karet Kebo) dapat membantu meringankan gejala alergi. Tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat kelembaban dan mengurangi debu di rumah Anda.

Studi juga menunjukkan dengan adanya tanaman karet kebo dapat mengurangi batuk, sakit tenggorokan, asma dan gejala dingin lainnya hingga 30 persen.

Tanaman Karet Kebo didalam rumah akan melepaskan sekitar 97 persen air yang telah diserap, sehingga dapat meningkatkan kelembaban ruangan, untuk mencegah penyakit pernafasan.

Manfaat lainnya dari kualitas udara yang bersih ini yaitu menjaga fungsi kognitif, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menyehatkan mental dan menghindari stres.

Sebuah studi menunjukkan bahwa siswa bisa 70 persen lebih fokus dan perhatian ketika kelasnya terdapat tanaman yang menyehatkan udara.

Bagi anda yang mencari Daun Karet Kebo Untuk Sembuhkan Stroke, silahkan KLIK-> Mr_Online